propecia0i0.com

Perawatan AC Pada Mobil Serta Cara Menyalakan Dan Mematikan AC, Jangan Sembarang Agar Tetap Terawat

Perawatan AC Pada Mobil Serta Cara Menyalakan Dan Mematikan AC, Jangan Sembarang Agar Tetap Terawat

Berita Otomotif Terlengkap Hari Ini – Perawatan AC Pada Mobil Serta Cara Menyalakan Dan Mematikan AC, Jangan Sembarang Agar Tetap Terawat. Pendingin udara, juga dikenal sebagai AC, bertanggung jawab atas kenyamanan di dalam kendaraan.

Apalagi di musim kemarau, AC mobil menjadi salah satu andalan untuk membuat nyaman berkendara. Masalahnya, banyak yang tidak mengetahui AC ini.Tidak semua pengemudi menyalakan AC mobil dengan benar. Dengan tujuan mendinginkan interior mobil, namun dengan cara yang salah, suhu di dalam kabin menjadi semakin panas.

Suhu panas di dalam kabin mobil pasti tidak nyaman dan bisa memperlambat reaksi pengemudi saat berkendara.

Perawatan AC Pada Mobil Serta Cara Menyalakan Dan Mematikan AC, Jangan Sembarang Agar Tetap Terawat

Pengoperasian AC tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika Anda tidak mengikuti aturan, komponen ini bisa cepat rusak. Misalnya, AC juga harus mati saat mesin tidak beroprasi. Karena dalam jangka panjang akan ada komponen yang cepat rusak sebelum waktunya.

Kesalahan kebanyakan pengemudi saat menyalakan AC adalah menyetel AC ke suhu paling dingin segera setelah memasuki kabin kendaraan. Meski yang satu ini justru mengedarkan udara panas di dalam kabin mobil.

Cara yang benar dan efektif untuk mendinginkan interior mobil dengan cepat adalah dengan membuka pintu dan kaca terlebih dahulu selama kurang lebih 1 menit dan menunggu semua sistem mobil tersambung. Setelah 1 menit, tutup semua pintu dan jendela, lalu nyalakan AC ke pengaturan terdingin.

Arah AC sebaiknya jangan langsung diarahkan ke arah penumpang atau pengendara, lebih baik AC diarahkan terlebih dahulu ke bagian atap. Hal tersebut bertujuan agar udara dingin merata dan tersebar ke seluruh kabin.

Ada kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan. Ini adalah menghidupkan dan mematikan AC mobil saat putaran mesin masih tinggi. Bahkan jika putaran mesin tinggi, kecepatan kompresor akan naik secara otomatis juga. Jika AC mobil tiba-tiba mati atau hidup dalam kondisi tersebut, kompresor mobil akan menanggung beban yang cukup besar. Akibatnya, terjadi gesekan yang signifikan pada komponen AC dan bagian tengah kompresor.

Sekilas informasi agar AC awet dan tetap terawat

Jangan mengemudi dengan jendela terbuka saat AC menyala. Pastikan untuk menutup jendela pada mobil, hal ini dirancang untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam mobil dari luar dan tersedot oleh AC mobil dan menempel di kabin. Dengan begitu AC tetap terjaga dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Yang sering  terlihat adalah merokok di dalam mobil. Jangan pernah merokok saat AC menyala. Asap rokok dapat menyebabkan kotoran berlebih di dalam kabin, sehingga AC mobil akan cepat rusak dan tidak dingin. Hindari merokok di dalam mobil jika ingin AC mobil tetap sejuk dan terawat.

Baca Juga : Kumpulan Mobil Porsche Lengkap Bagi Kalian Para Penggemar Mobil

Nah, ketika Anda berkendara dan sampai di tempat tujuan, pastikan Anda mematikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil dan menghidupkan mesin mobil setelah itu menyalakan AC secara optimal. Penggunaan yang salah akan menyebabkan tegangan pada sistem kelistrikan mobil menjadi tinggi dan tidak stabil, yang secara perlahan dapat berdampak pada kerusakan komponen sistem kelistrikan mobil.

Perawatan AC Pada Mobil

1. Jaga kebersihan kabin mobil

Terlepas dari jenis mobil, kebersihan kabin merupakan hal yang wajib mendapat perhatian oleh pemilik mobil. Saat interior mobil kotor, debu bisa masuk ke filter AC, sehingga mempengaruhi kinerja AC. Dalam hal ini, kabin kendaraan hampir tidak terasa dingin meskipun AC menyala.

2. Rutin membersihkan kondensor AC

AC memiliki berbagai komponen di dalamnya. Salah satunya adalah kondensor. Sesuai dengan namanya, kondensor AC berfungsi untuk mengembun atau mengubah gas bertekanan tinggi (Freon) menjadi cair. Jika Anda ingin AC Anda tahan lama dan terasa dingin, Anda perlu merawat kondensor AC ini secara rutin. Bersihkan juga kotoran atau debu yang menempel, karena dapat menyebabkan korosi dan kebocoran.

3. Jangan mematikan AC dalam jangka waktu yang lama

Cara merawat AC mobil selanjutnya adalah dengan tidak mematikan AC dalam waktu yang sangat lama. Sebagian orang memilih tidak menggunakan AC dengan alasan hemat bahan bakar. Padahal, jika AC disetel ke suhu terendah dalam waktu lama, AC bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Jadi jika ingin AC tahan lama, gunakan AC secara normal dan jangan lama-lama dimatikan.

Jika AC mobil jarang atau bahkan tidak pernah terpakai dalam jangka waktu yang lama, akan terbentuk endapan debu di seluruh bagian saluran pendingin. Selain itu, cadangan AC dalam jangka panjang juga dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam mobil saat mobil digunakan kembali.

Agar AC tetap berfungsi maksimal, ada baiknya jika Anda tetap menggunakan AC seperti biasa. Selain itu, Anda bisa memanaskan mesin mobil minimal seminggu sekali selama sekitar 5-10 menit sambil menyalakan AC. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah gas pendingin freon mengendap dan menjaga sirkulasi udara di dalam kabin kendaraan.

Exit mobile version