Berita Otomotif Terlengkap Hari Ini – Perawatan Mobil Sebelum Mudik Agar Aman Di Jalan Ada Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan. Lebaran akan segera tiba yang artinya musim mudik akan segera menyambut Anda. Tahun ini, masyarakat Indonesia saat ini boleh pulang kampung agar bisa merayakan Lebaran 2022.

Pulang ke rumah selalu menjadi waktu yang tak terlupakan, baik untuk kemacetan lalu lintas yang tak tertahankan. Maupun untuk kegembiraan yang terciptakan oleh kesenangan kembali ke kampung halaman.

Apalagi bagi Anda yang berencana pulang ke rumah dengan menggunakan mobil pribadi slot via dana terpercaya, tentunya persiapannya harus ada jauh-jauh hari. Persiapan ini berupa pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin mobil.

Perawatan Mobil Sebelum Mudik Agar Aman Di Jalan Ada Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Perawatan Mobil Sebelum Mudik Agar Aman Di Jalan Ada Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Sebelum bepergian, ada baiknya menyimak tips perawatan mobil berikut ini. Pasalnya, langkah ini sangat penting untuk meminimalisir gangguan saat berkendara menuju kampung halaman.

Sebelum memulai perjalanan, ada tips servis mobil untuk pulang kampung yang harus kalian perhatikan.

Ini sedikit berbeda dari layanan servis biasa. Jika servis mobil biasa hanya sebatas pemantauan pada sekitar ruang mesin, Tetapi jika ingin mudik memerlukan pemeriksaan komponen lain.

Selain ruang mesin mobil, salah satu komponen yang perlu kalian periksa secara menyeluruh adalah radiator, timing belt, kaki-kaki, dan kelistrikan. Dengan rincian sebagai berikut.

1. Mesin perlu diperiksa secara menyeluruh

Salah satu hal yang harus anda lakukan sebelum menempuh jarak ratusan kilometer adalah memeriksa oli mesin. Ganti oli adalah salah satu tips servis mobil untuk mudik.

Selain itu masih pada area mesin, tips slot online deposit dana termurah servis mobil pulang kampung juga perlu cek timing belt. Ini merupakan komponen yang menggerakkan satu komponen ke komponen lainnya. Sehingga memegang peranan yang sangat penting.

2. Perhatikan air di radiator agar mesin tidak overheat di jalan

Tips servis mobil untuk mudik selanjutnya adalah dengan memperhatikan air radiator mobil. Bagian ini sering terlewatkan, karena menganggap tidak penting oleh kebanyakan orang. Padahal, jika air radiator rendah. Akan berdampak pada overheating mesin yang menyebabkan mobil mati total.

Buka tutup radiator dan periksa seberapa banyak air yang terlihat. Jika dalam batas normal, komponen terkait yang harus kalian periksa adalah selang air atau tangki radiator. Jangan sampai kondisi tabung berada pada bawah batas minimum. Hal ini juga bisa menyebabkan gejala mobil cepat panas. Juga, jangan mengisinya sampai penuh, karena itu adalah tempat pembuangan air panas. Jadi cobalah untuk menempatkannya dalam batas normal.

Harus Diperhatikan

3. Bantalan (bearing) di area kaki harus diperiksa

Komponen ini sering lolos dari pemeriksaan. Karena orang hanya fokus pada mesin, radiator dan lain lain yang terlihat jelas. Padahal, bantalan roda ini memiliki fungsi yang fatal jika pecah atau rusak.

Untuk pemeriksaan, ini harus diserahkan ke situs slot deposit via dana bengkel. Tidak bisa dilakukan secara mandiri di rumah, karena membutuhkan alat dan perlengkapan yang lengkap. Cara mengetahui bantalan roda bermasalah sebenarnya tidak sulit. Ada tanda-tanda seperti suara gemuruh di kaki-kaki mobil, kecepatan roda juga menjadi goyah atau tidak stabil. Jangan biarkan gejala ini, karena jika bantalan benar-benar rusak di jalan. Mobil tidak akan bisa berjalan lagi.

4. Harus memeriksa ban dan lainnya

Lalu saran service mobil untuk mudik selanjutnya masih pada kaki-kaki terutama pada area ban. Perhatikan ban mobil, dan memeriksa tapak. Jika ia botak, ia harus mengganti dengan ban baru. Karet wiper juga perlu pemeriksaan. Apakah rapuh atau tidak. Karena ini penting, agar pandangan tetap bagus saat hujan.

Baca Juga : 

Peran kaki-kaki dalam menopang saat melakukan perjalanan jauh sangat vital. Karena itu, harus periksa selalu komponen kaki-kaki, mulai dari pelek, rantai dan gir, ban, dan sampai bearing roda. Kampas rem biasanya tak harus selalu mengganti dengan yang baru. Cukup membersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Tapi jika terasa sudah tidak nyaman sebaiknya segera ganti yang baru.

Perawatan Mobil Sebelum Mudik

5. Kelistrikan harus dalam kondisi yang baik

Cek juga sistem kelistrikan mobil, ini salah satu tips penting slot deposit dana terpercaya servis mobil untuk mudik. Listrik dari lampu sampai ke yang lain. Meski terkesan sepele, lampu utama dan penunjuk arah memiliki arti penting selama perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikan terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlam.

Perangkat sinyal lain yang juga harus ada pemeriksaan adalah klakson. Sinyal suara perlu saat melintasi jalan sepi atau jalan berliku. Termasuk baterai harus perhatikan, jangan sampai tekor. Karena dengan baterai yang bagus, listrik juga aman.

6. Bawa segala perlengkapan

Jika kondisi mobil sudah oke, kini saatnya mengecek kelengkapan mobil. Pastikan kunci dan aksesoris untuk mengganti ban atau yang lain lain sudah lengkap dalam bagasi mobil.

Juga, bawa kotak P3K dan segitiga pengaman. Terakhir, periksa masa berlaku STNK dan SIM Anda, siapa tahu waktunya harus perpanjang. Jika semuanya sudah beres, sekarang yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan kondisi fisik Anda untuk perjalanan jauh